Renee Cerita Soal Blog

Seminggu sudah berada di Melbourne, Australia. Saya satu bagian dari 8 fellowship Leadership Reporting in Economic Development, Asia Pacific Journalism Centre. Di minggu pertama kali belajar mengenai kepribadian kami secara mendalam. Seorang mantan jurnalis handal dan sekaligus pelatih kepemimpinan, Suzy Woodhouse memberikan pengetahuan baru dan apa yang harus diperbuat di dalam dunia kerja.

Di minggu kedua, topik bergeser mengenai new media yaitu Blogging. Siapa yang memberikan pelajaran ini? Dia bernama Renee Barnes seorang dosen jurusan jurnalis di RMIT University dan jurnalis freelance di newspaper The Age. Dia ingin tahu, perkembangan media sosial di tempat kami masing-masing.

Tidak semua wartawan di Indonesia memiliki media sosial seperti blog. Ada kemungkinan mereka tidak memiliki waktu banyak untuk membuat link. Bagi saya memang itu menjadi hambatan untuk meluangkan banyak waktu menulis cerita yang saya temui.

Saya sadar bahwa harus membuat blog sebagai kebutuhan memberikan informasi kepada pembaca yang ingin tahu saya dan juga informasi-informasi setiap kejadian yang saya tulis di media saya. Pembaca bisa melihat blog saya sebelumnya di link.

Di situ, saya menampilkan hasil liputan dari media cetak tempat saya bekerja lebih spesial adalah laporan mendalam yang tidak ditampilkan di cetak. Perusahaan media tempat saya bekerja adalah link . Ia merupakan koran harian lokal.

Memang ada perbedaan yang besar antara jurnalis di Australia dan Indonesia terutama West Borneo. Tidak sedikit yang memiliki blog pribadi dengan akun blogger, wordpress, multiply atau yang lainnya. Ada juga jurnalis yang tidak memiliki blog ingin mengungkapkan sesuatu berdasarkan pengalaman dan hasil liputan mereka di facebook.

Yanuarius Viodeogo Seno

Medial sosial seperti blogging memberikan informasi tentang penulis dan apa yang dilakukan penulis.

About Viodeogo
Yanuarius Viodeogo Seno reporters in Borneo Tribune daily news, in Pontianak, West Borneo. Fellowship Asia Pacific Journalism Centre program Leadership in Reporting Economic Development, 2012.

Leave a Reply

